Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun. Metode dalam penelitian ini metode deskriptif. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan metode studi korelasional sebab-akibat. Analisis data menunjukkan r hitung > r tabel (0,247>0,198), yang berarti terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun . Kesimpulannya pola asuh orang tua cukup baik dari cara mereka membimbing dan mendidik anaknya, kecerdasan sosial anak cukup baik karena dari sebagian besar dari mereka dapat bekerjasama, bersikap kooperatif, dan berkomunikasi secara baik, terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun. Orang tua dapat mempertahankan pola asuh yang sudah ada dan memiliki pola asuh yang tepat, orang tua dapat memberikan bimbingan atau pola asuh yang mengarah pada pembentukan kecerdasan sosial anak, Orang tua slalu memperhatikan dan menstimulasi setiap perkembangan anaknya. Kata Kunci  : Pola Asuh, Kecerdasan Sosial   Abstract: The purpose of this study is the purpose of this study was to determine the relationship of parenting parents with social intelligence of children aged 5-6 years. The method in this research is descriptive method. Data analysis technique of this research is descriptive analysis method correlation study causation. Analysis of the data showed r count> r table (0.247> 0.198), which means that there is a relationship between parenting parents with social intelligence of children aged 5-6 years. In conclusion parenting parents pretty well out of their way to guide and educate their children, social intelligence of children is quite good because of most of them can work together, cooperate, and communicate well, there is a positive relationship between parents' parenting and social intelligence of children 5-6 years old. Parents can maintain existing parenting and have appropriate parenting, parents can provide counseling or parenting which leads to the formation of social intelligence of children, parents pobud attention and stimulate each child development. Keywords: Parenting, Social Intelligence  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016