Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 5, No 10 (2016): Oktober 2016

PERANAN GURU DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK

Kurniawati, Winda (Unknown)
., Marmawi (Unknown)
Yuniarni, Desni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peranan guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di TK Assalam Pontianak Barat Provinsi Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas B2 yang berjumlah satu orang. Setelah data terkumpul, dilakukan penyajian data untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan peran guru sebagai inspirator dalam menanamkan perilaku sopan santun yaitu guru menunjukkan perilaku sopan santun dirinya kepada anak serta menjelaskan dan memberikan nasehat kepada anak. Peran guru sebagai model dalam menanamkan perilaku sopan santun yaitu guru merupakan  panutan serta menjadi contoh yang baik bagi anak didik yang terkait dengan perilaku sopan santun. Peran guru sebagai motivator dalam menanamkan perilaku sopan santun yaitu guru selalu memotivasi atau mendorong anak untuk lebih baik dengan memberikan pujian atau reword kepada anak. Kata Kunci: Peranan Guru, Perilaku Sopan Santun, Anak Usia Dini Abstract: This study aims to describe the role of teachers in imparting behavioral manners in children aged 5-6 years in kindergarten Assalam West Pontianak in West Kalimantan. The method used is descriptive qualitative method. Subjects were classroom teachers B2 which amounted to one person. Once data is collected, made the presentation of data to then be deduced. The results of the study describes the role of teachers as inspiration in instilling behavioral manners that teachers behave in manners himself to the child and explain and give advice to children. The role of the teacher as a model for instilling manners of behavior that the teacher is a role model and a good example for the students related to the behavior manners. The role of the teacher as motivator in instilling behavioral manners that the teacher always motivate or encourage children to be better by giving praise or reword to children. Keywords: Role of Teachers, Behavior Manners, Early Childhood

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...