Abstrak : Tesis ini berisi hasil penelitian tentang pendekatan kolaboratif dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD Negeri 21 Kuala Mandor B. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah rancangan , pelaksanaan, evaluasi dan perilaku belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan kolaboratif di kelas III SD Negeri 21 Kuala Mandor B?. tujuannya untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan, evaluasi dan perilaku belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan pendekatan kolaboratif di kelas III SD Negeri 21 Kuala Mandor B. Hasil penelitiannya adalah : (1) RPP tematik dengan pendekatan kolaboratif yang dibuat oleh guru secara umum telah memenuhi syarat dalam pembuatan RPP tematik; (2) Pembelajaran tematik dengan pendekatan kolaboratif dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan secara simultan menggunakan metode serta strategi pembelajaran yang bervariasi; (3) Evaluasi yang dilakukan tidak bersifat monoton, dan menggunakan beberapa instrument penilaian (4) Perilaku belajar peserta didik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang diberikan oleh guru dapat terlihat melalui penerapan pembelajaran tematik dengan pendekatan kolaboratif. Kata Kunci: Pembelajaran tematik, pendekatan kolaboratif  Abstract: This is a research about collaborative approach in integrated thematic learning on the third grade students of elementary school number 21 Kuala Mandor B. The research problems was how the design, implementation, evaluation and behavior of the students in the integrated thematic learning using collaborative approach on the third grade students of elementary school number 2 Kuala Mandor B. The purpose was to describe the design, implementation, evaluation and behavior of the students in the integrated thematic learning using collaborative approach on the third grade students of elementary school number 2 Kuala Mandor B. The results were (1) thematic lesson plan using collaborative approach done by the teacher was fulfil the thematic lesson plan acquirement in general; (2) thematic learning using collaborative was done according to the design and using varied method and strategy of learning; (3) the evaluation was not monotonous, and was used multiple assessment instrument; (4) students’ learning behavior in solving the various problem could be seen through the application of thematic learning using collaborative approach. Keywords : thematic learning, collaborative approach
Copyrights © 2017