Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 8, No 8 (2019): AGUSTUS 2019

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK PENDAMPING IMAN ANAK SEKOLAH MINGGU

More, Thomas (Unknown)
Mering, Aloysius (Unknown)
Suratman, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk pengembangan modul untuk pendamping iman anak sekolah minggu dan pelaksanaan pengembangan modul untuk pendampingan iman anak sekolah minggu dengan subjek pendamping iman anak sekolah minggu adalah Paroki Santo Yosef Meraban Keuskupan Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Borg & Gall dengan model desain ADDIE. Data diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi yang diberlakukan pada subjek penelitian. Alur dari pelaksanaan penelitian ini melalui tiga tahapan utama yaitu (1) Tahap pra-penelitian, yang meliputi analisis  kebutuhan, penelitian dan pengumpulan data, dan tahap perencanaan, (2) Tahap pengembangan draft produk, yang meliputi mengembangkan tes kriteria, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan ajar, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, serta merevisi paket pembelajaran, dan (3) Tahap uji coba dan revisi evaluasi, yang meliputi uji coba tahap pertama dan  revisi hasil ujicoba pertama, dan hasil ujicoba revisi pertama di ujicobakan kembali. Hasil validasi ahli menunjukan pengembangan melalui kegiatan validasi ahli media, materi, dan desain pembelajaran sebagian besar dinyatakan valid dengan hasil pretes 68,63 sedangkan hasil posttest 77,22. Penigkatan juga dapat dilihat dari hasil uji 2 t sampel berpasangan yang menunjukan nilai hitung > t (11,09 > 1,708), artinya terdapat peningkatan pendamping iman anak sekolah minggu menggunkan modul. Dari sisi pengembangan iman dapat dilihat dari perolehan hasil pendampingan pada pembelajaran sekolah minggu melalui penggunaan modul pendamping memperoleh hasil yang baik, yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang hadir, dan siswa lebih aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan pendamping.Kata Kunci : Pendamping Iman Anak, Sekolah Minggu

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...