Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 5, No 2 (2016): Februari 2016

PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL MELALUI BERCERITA PADA USIA 5–6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HARUNIYAH

Kartilawati, Netty (Unknown)
., Fadillah (Unknown)
., Halida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan moral melalui bercerita pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Haruniyah Kecamatan Pontianak Timur Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif sedangkan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 2 orang guru dan 24 orang anak. Hasil analisis data pada siklus ke-l pertemuan I dan 2 menunjukan bahwa anak sudah mulai meningkat perkembangan moralnya dengan rata-rata persentase MB (Mulai Berkembang) 8,35% dan BSB (Berkembang Sangat Baik) 55,21%.. Sedangkan pada siklus ke-2 pertemuan I dan 2 mencapai 14,59% MB (Mulai Berkembang) dan 85,42% BSB (Berkembang Sangat Baik). Hal tersebut menunjukkan bahwa tindakan yang telah dilakukan oleh guru untuk peningkatan perkembangan moral melalui bercerita sudah dikategorikan sangat baik. Kata Kunci : Perkembangan Moral, Melalui Bercerita Abstract: This study aims to determine the moral development through storytelling in children aged 5-6 years in kindergarten Haruniyah Eastern District of Pontianak in West Kalimantan. The method used is descriptive method while research is a form of class action research consists of four phases namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were two teachers and 24 children. Results of the data analysis cycle to the first meeting l and 2 show that the children have started to rise moral development with an average percentage of MB (Start Evolving) 8.35% and a BSB (Growing Very Good) 55.21%. In the 2nd cycle the first and second meetings reach 14.59% MB (Start Developing) and 85.42% BSB (Developing Very Good). This shows that the actions taken by teachers to increase moral development through storytelling has been categorized as very good. Keywords: Moral Development, Through Storytelling

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...