Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran problem posing untuk mengoptimalkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre experimental design yakni one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X Akuntansi 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai sebelum menggunakan model pembelajaran problem posing sebesar 51,96 dan meningkat setelah menggunakan model pembelajaran problem posing menjadi 67,06 dan terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem posing di mana nilai siswa jauh lebih baik ketika diajar setelah menggunakan model pembelajaran problem posing di SMK Negeri 1 Pontianak.   Kata kunci : Model Pembelajaran Problem posing Abstract: This research aims to determine the effectiveness of problem posing education model to optimize the learning outcomes of tenth grade accounting students in SMK Negeri 1 Pontianak. The method used in this research is an experimental method. The form of research is pre-experimental designs specifically the one group pretest-posttest designs. The population in this research is tenth grade accounting students while the sample is the students of X accounting 2. The results of this research indicate that average score before using the problem posing education is 51,96 and the average score after using the model increases and becomes 67,06. There is positive and significant difference between the learning outcomes before and after using problem posing education model where students? score is better when taught using problem posing education model in SMK Negeri 1 Pontianak.   Keywords : Problem Posing Teaching Method
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016