Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan metode part whole part (bagian perbagian) dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint 60 meter pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 01 Jawai Kabupaten Sambas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode part whole part (bagian perbagian) dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint 60 meter. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dari hasil tes lari sprint 60 meter, diketahui rata-rata nilai Pre Implementasi sebesar 57,1 sedangkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 76 dan pada siklus ke II yaitu sebesar 88,6 Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode part whole part (bagian perbagian) dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint 60 meter pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 01 Jawai Kabupaten Sambas.   Kata kunci: metode part whole part, lari sprint 60 meter   Abstract: The problem in this study is whether the learning method part whole part (bagian perbagian) can improve learning outcomes sprint 60 meters at VIIIA grade students of SMPN 01 Jawai Sambas district. The aim of this study was to determine whether the method of part whole part (bagian  perbagian) can improve learning outcomes sprint 60 meters. Research methods used in this research is a classroom action research (PTK). Action Research (PTK) was conducted in two cycles. From the test results sprint 60 meters, known to the average value of 57.1 Pre Implementation while the average value in the first cycle of 76 and on to the second cycle is equal to 88.6 This shows that learning by using part whole parts (bagian perbagian) can improve learning outcomes sprint 60 meters at VIIIA grade students of SMPN 01 Jawai Sambas district.   Keywords: method of part whole part, sprinting 60 meters  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015