Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar IPA Integratif yang bermuatan model rangkaian kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi inquiri sebagai bentuk yang bermuatan pemahaman konsep tentang materi struktur tumbuhan . Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui siklus Reasearh and Development (R & D) dan tahapan-tahapan proses penelitian; mengumpulkan data, mengembangkan dan memvalidasi produk,revisi, uji coba perorangan, uji caba terbatas dan uji lapangan. Hasil  penelitian menyimpulkan bahwa bahan ajar IPA Integratif melalui pembelajaran  berinteraksi langsung dengan lingkungan dengan menggunakan strategi inquiri dapat direspon dan diserap konsep pemahaman materinya oleh peserta didik dengan mudah, dan menyenangkan sehingga ketuntasan belajar konsep dapat tercapai.   Kata Kunci : Bahan Ajar, Strategi Inquiri , Konsep Struktur Tumbuhan   Abstrak : The purpose of this research is to develop  Integrative Natural Science Teaching Material model series of  learning activities using the strategy of Inqury  as a form of  strengthening  the understanding of the the plant structure concept material. This research was conducted  with a qualitative approach through a cycle of Research and Development ( R & D ) and the  stages of  the reseach process ; collecting data , develop and validate a product , revision, individual testing, limited and field testing. The study result concluded that the Integrative Natural Science Teaching Material through directinteractionwith the environment by using the strategy of inqury can be responded and absorbed the concept of understanding the material by learners with easy and fun, so that, the concept of mastery leraning can be achieved.   Key words : Teaching Materials, Strategy of Inquiry, Plant structure Concept.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016