Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi profesional dengan kinerja guru di Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 31 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data dari angket dianalisis menggunakan analisis kuantifikasi persentase, koefisien korelasi Pearson Product Moment, dan uji t. Kompetensi profesional guru TK di Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak termasuk dalam kategori baik dengan persentase mencapai 76,39%. Kinerja guru TK di Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak termasuk dalam kategori baik dengan persentase mencapai 77,81%. Hasil analisis koefisien korelasi Pearson Product Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kompetensi profesional dengan kinerja guru TK di Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,772. Hasil ini diperkuat dengan uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel (6,537 > 1,699) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti kompetensi profesional memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja guru TK di Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kinerja Guru, Taman Kanak-kanak Abstract: This research aims to know the relationship of professional competence with performance of teacher kindergarten in the South East Pontianak District Pontianak City. The method used this research is descriptive method. The sample used are 31 teachers. The data collected use questionnaire, interview, and documentation. The data from questionnaire is analyzed with percentage quantification analysis, Pearson Product Moment correlation analysis, and t-test.The professional competence of teacher kindergarten in the South East Pontianak District Pontianak City included of good category with percentage reaching 76.39 percent. The performance of teacher kindergarten the South East Pontianak District Pontianak City included of good category with percentage reaching 77.81 percent. The result of Pearson Product Moment correlation analysis show that the professional competence have strength and positive relationship with performance of teacher kindergarten in the South East Pontianak District Pontianak City with 0.772. This result supported with t-test show that thitung > ttabel (6,537 > 1,699), the meaning that the professional competence have significant relationship with performance of teacher kindergarten in the South East Pontianak District Pontianak City. Keyword: Professional Competence, Performance of Teacher, Kindergarten
Copyrights © 2016