Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa, pengaruh kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa, dan pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya secara bersama-sama terhadap perilaku konsumsi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research bertujuan untuk mendeskripsikan suatu masalah berdasarkan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat serta menentukan tingkat hubungan antara variabel tersebut. Sampel berjumlah 113 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara dua variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 0.936 mendekati 1, dan ini berarti bahwa terjadi hubungan yang sangat erat antara variabel status sosial ekonomi dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi. Persentase sumbangan pengaruh variabel status sosial ekonomi dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi diketahui sebesar 87.6 %, sedangkan sisanya sebesar 12.4 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci :Perilaku Konsumsi Siswa Abstract: This study aims to determine the effect of socio-economic status of parents of the students' consumption behavior, the influence of peer groups on the consumption behavior of students, and the effect of socio-economic status of parents and the peer group jointly against the consumption behavior of students .This study uses explanatory research approach aims to describe a problem based relations between independent variables and the dependent variable and determining the level of relations between these variables. Samples numbered 113 siswa..This study indicate that there is a correlation between the two independent variables on the dependent variable for 0936 close to 1, and this means that there is a very close relationship between the variables of socioeconomic status and the peer group to behavior of consumption. Then the percentage contribution variabelstatus influence socio-economic and the peer group to behavior known consumption by 87.6%, while the remaining 12.4% is influenced by other variables outside the research. Keywords : Consumption Behavior Students
Copyrights © 2015