bionature
Vol 16, No 1 (2015): April

Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri 1 Donri–Donri

L., Hamka (Unknown)
Nur Arsyad, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2015

Abstract

Penelitian pra-eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran langsung yang digunakan pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Donri-Donri. Hipotesis penelitian ini adalah model pembelajaran langsung efektif diterapkan pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Donri-Donri. Pengukuran hasil belajar pada materi sistem gerak dilakukan terhadap 24 siswa kelas XI MIA 4, kemudian membandingkan nilai pretes siswa dengan nilai post tes di akhir pertemuan. Nilai hasil belajar siswa diperoleh rata-rata pretes 33.68 (berada pada kategori hasil belajar sangat rendah) dan rata-rata nilai posttes 71.81 (berada pada kategori hasil belajar tinggi). Mengukur keefektifan penerapan model pembelajaran langsung dengan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 16 dan diperoleh hasil 0.000 < α = 0.05 yang menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan bahwa hipotesis diterima, sedangkan untuk mengukur tingkat keefektifannya, digunakan uji Gain, yang menyatakan bahwa tingkat keefektifan dari penerapan model pembelajaran langsung adalah sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung efektif diterapkan pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Donri-Donri.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

bionature

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health Veterinary

Description

BIONATURE adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang biologi. Diterbitkan dua kali setahun pada bulan april dan oktober oleh Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri ...