Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 5, No 2 (2017): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Perbandingan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Model Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa

Ikram, Fadhil Zil (Unknown)
Djadir, Djadir (Unknown)
Ahmad, Asdar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

AbstractThis research is a quasi experiment having purposes to know: (1) adaptive reasoning skill and its improvement description of the student taught by implementing PBL and cooperative learning in scientific approach; (2) comparison of adaptive reasoning skill and its improvement of the student taught by implementing PBM and cooperative learning in scientific approach. This research population is all student of X MIA SMAN 11 Makassar in odd semester 2016/2017. Researcher chooses two classes by using simple random sampling. The result of inferential statistical analysis are: (1) difference of adaptive reasoning skill between student who is taught by using PBL and cooperative learning in scientific approach is not significant; (2) there is no significant difference between adaptive reasoning skill improvement of student taught by using PBL and cooperative learning in scientific approach.Keywords: Adaptive reasoning, Cooperative learning, Problem based learning, Scientific approach.AbstrakPenelitian ini adalah kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan penalaran adaptif dan deskripsi peningkatanya pada siswa yang diajarkan dengan menerapkan PBM dan pembelajaran kooperatif dalam pendekatan  saintifik; (2) perbandingan kemampuan penalaran adaptif  dan peningkatannya pada siswa yang diajarkan dengan menerapkan PBM dan pembelajaran kooperatif dalam pendekatan  saintifik. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIA SMAN 11 Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Peneliti memilih dua kelas menggunakan simple random sampling. Hasil dari analisis statistik inferensial adalah: (1) perbedaan kemampuan penalaran adaptif antara siswa yang diajarkan menggunakan PBM dan pembelajaran kooperatif  dalam pendekatan saintifik tidak signifikan; (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang diajarkan menggunakan PBM dan pembelajaran kooperatif  dalam pendekatan saintifik.Kata kunci: Penalaran adaptif, Pembelajaran kooperatif, Pembelajaran berbasis masalah,  Pendekatan saintifik

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...