Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENGARUH MEDIA SIMULASI PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) PADA MATA PELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Farid, A.M. Miftah (Unknown)
Faradiyah, A. Rafiqa (Unknown)
Maghfira, Aini (Unknown)
Lestari, Asrianti Putri (Unknown)
Tullah, Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media simulasi PhET mata pelajaran fisika menggunakan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dimana terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 9 Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sampel merupakan dua kelas yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan pengujian parametrik. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa baik di kelas kontrol maupun di kelas eksperimen dengan signifikansi berturut- turut sebesar 0,018 dan 0,001. Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post test kelas kontrol dengan post test kelas eksperimen dengan signifikansi sebesar 0,001. Hal itu menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan aplikasi PhET lebih baik daripada kelompok kontrol.  Kata kunci: Discovery learning, Fisika, PhET

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...