Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 4, No 2 (2016): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS BERBASIS PROYEK TERHADAP PENGEMBANGAN LIFE SKILL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP

Anas, Muh. (Unknown)
Murti, Warda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2016

Abstract

Pembelajaran di sekolah sampai saat ini cenderung berpusat pada guru. Tugas guru adalah menyampaikan materi-materi dan siswa diberi tanggung jawab untuk menghapal semua pengetahuan. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi hanya berhasil dalam mengingat jangka pendek, tetapi gagal dalam memecahkan masalah di kemudian hari. Pembelajaran berbasis proyek digunakan untuk supaya siswa menjadi pebelajar yang aktif dan guru sebagai fasilitator, selain itu dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek akan mengembangkan life skill siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberiaan tugas berbasis proyek terhadap pengembangan life skill dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini adalah quasi eksperimen, yaitu dua sampel diberi perlakukan metode pembelajaran yang berbeda dan melihat pengaruhnya terhadap pengembangan life skill dan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design, dengan jumlah sampel sebanyak 37 siswa untuk kelas kontrol dan 37 siswa untuk kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur life skill, tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Data di analisis secara deskriptif dan inferensial (statistik Uji-t dengan bantuan program SPSS 17,0 for Windows, dilakukan dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemberian tugas berbasis proyek berpengaruh terhadap pengembangan life skill siswa kelas VIII. (2) Pemberian tugas berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII.Kata kunci: Hasil belajar, Life skill, Tugas berbasis proyek

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...