Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran saitifik pada mata diklat Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif di SMK Negeri 3 Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Tempat melakukan penelitian ini adalah di SMK Negeri 3 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, telaah dokumen, wawancara, dokumentasi, dan angket. Instrumen yang digunakan antara lain pedoman observasi, wawancara, telaah dokumen dan pedoman angket. Penyajian data dilakukan sesuai prosentase hasil telaah dokumen, observasi, dan angket, kemudian hasilnya dibandingkan dengan kriteria yang ditentukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sudah sangat baik dan sesuai dengan kurikulum 2013. Silabus berasal dari Pemerintah tingkat nasional melalui Dinas Pemerintahan Kota. RPP yang disusun oleh guru mata diklat Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif sudah seseuai ketentuan kurikulum 2013 dan disetujui oleh Kepala Sekolah. Pelaksanaan pembelajaran juga sudah terlaksana sangat baik berdasarkan acuan kurikulum 2013. Berdasarkan wawancara dan observasi, guru sudah melakukan pendekatan langkah-langkah saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Hasil prosentase pengamatan sebesar 92,3 %. Respon siswa terhadap pembelajaran saintifik sangat baik dengan prosentase hasil pengisian angket sebesar 85,96 % Kata Kunci: Evaluasi, pendekatan saintifik, kurikulum 2013
Copyrights © 2015