Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini pre-experimental dengan desain one-grup pretest-posttest menggunnakan 1 kelas implementasi dan 2 kelas replikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran serta analisis hasil pretest-posttest menggunakan uji-t berpasangan dan n-gain. Hasil penelitian yang diperoleh : (1) keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas memperoleh nilai rata-rata 3,47 dengan kategori baik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest-posttest, peningkatan keterampilan proses sains dalam kategori sedang dengan nilai <g> secara berututan pada ketiga kelas 0,55, 0,63 dan 0,62. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan terjadi peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pemanasan global. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterlaksanaan Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains.
Copyrights © 2019