Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 8, No 2 (2019)

IMPLEMENTASI INQUIRY LABS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS SEDERHANA

RISKA FEBRIYANTI, PUTRI (Unknown)
NISWATI RODLIYATUL JAUHARIYAH, MUKHAYYAROTIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan pembelajaran Inquiry Labs untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi untuk melihat konsistensi hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengamatan dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil keterampilan proses sains peserta didik meningkat secara signifikan antara sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran Inquiry Labs dengan rata-rata skor n-gain pada ketiga kelas, yaitu 0,913; 0,902; 0,906 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Inquiry Labs dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Kata kunci : Getaran Harmonis Sederhana, Inquiry Labs, dan Keterampilan proses sains.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...