Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 2 (2018)

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DIGESTIVE SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V

JANNAH, MIFTACHUL (Unknown)
, JULIANTO (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Abstrak Siswa kesulitan dalam memahami materi IPA khususnya materi sistem pencernaan makanan pada manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep belajar siswa, memotivasi belajar siswa, serta untuk mengetahui hasil kelayakan produk media video animasi ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, angket, dan tes. Kevalidan media video animasi digestive system dari ahli media sebesar 84% dan hasil dari ahli materi sebesar 88%. Rata-rata kepraktisan hasil persentase angket respon siswa sebesar 87,15% yang termasuk kategori ?Sangat Baik?. Keefektifan media video animasi digestive system pada uji coba produk pertama skala terbatas diketahui hasil nilai uji thitung lebih besar daripada nilai ttabel sebesar 14,95 > 2,262. Sedangkan uji coba produk kedua skala luas diketahui hasil nilai uji thitung lebih besar daripada ttabel sebesar 16,40 > 2,045. Dapat disimpulkan bahwa produk media video animasi digestive system yang telah dikembangkan ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013 serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Media Video Animasi, Konsep IPA, Pencernaan Manusia. Abstract The student?s have diffculty in understanding the material science material particularly digestive system of human food. The purpose of this research is to know the level of understanding of the concept student learning, Motivate student?s in learning, and to find out the feasibility of the animated video media products in terms of validity, practicality and effectiveness. Researchers use research methods and development of adapted from stages borg and gall. The data collection technique uses validation, questionnaire, and test. The effectiveness of media video animation digestive system at the trial of the first product limited scale values test result known tcount greater than a value of ttable of 14,95 > 2,262. While the trial of the second product widely known the result of tcount greater than a value of ttable of 16,40 > 2,045. The research can be concluded that the product media video animation that has been developed is very worthy of use in curriculum 2013 and can be improve the learning result of the grade 5 elementary school. Keywords: Video Animation, The Concept of Science, Human Digestion

Copyrights © 2018