Jurnal Pendidikan Humaniora
Vol 3, No 1: Maret 2015

The Impact of Learning Strategy and Cognitive Style on Learning Achievement of Nursing Process Application on Nursing Clinic Instruction

Atti Yudiernawati (Keperawatan-Poltekkes Kemenkes Malang)
Punaji Setyosari (Teknologi Pembelajaran-Universitas Negeri Malang)
I Nyoman S. Degeng (Teknologi Pembelajaran-Universitas Negeri Malang)
A. Rudianto (Fakultas Kedokteran-Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2015

Abstract

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Prestasi Belajar Aplikasi Proses Keperawatan pada Pembelajaran Klinik KeperawatanAbstract: The main purpose of this study were to examine The effect of learning  Strategy (Problem Based Learning vs Direct Instruction ) and Cognitive Style on Nursing Process Application Learning Achievement of Nursing Clinical Study. This study used quasi experiment and data collected using test, the findings of the study were : (1). There is a difference in learning achievement between the students who were taught by using PBL strategy and who were taught using direct instruction, (2). There is a different achievement in students with different cognitive style, and (3) There is no interaction between learning strategy and students’ cognitive  styles toward learning achievement.Key Words: learning  strategy,  problem based learning , direct instruction, cognitive style, learning achievementAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran (problem based learning vs direct instruction) dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar aplikasi proses keperawatan pada pembelajaran klinik. Dengan rancangan penelitian eksperimen semu pada subyek mahasiswa Jurusan  Keperawatan Malang, melalui teknik pengumpulan data berupa tes  untuk gaya kognitif dan performance assessment untuk prestasi belajar,  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi  belajar antara kelompok mahasiswa yang diajarkan dengan strategi PBL  dan pembelajaran langsung.  (2) terdapat perbedaan prestasi belajar pada mahasiswa dengan gaya kognitif yang berbeda, dan (3)  tidak terdapat interaksi  penggunaan strategi pembelajaran dan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi  belajar pebelajaran. Kata kunci: strategi pembelajaran,  problem based learning (PBL),  direct instruction, gaya kognitif, prestasi belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan humaniora baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan ...