Jurnal Pendidikan Sains
Vol 6, No 1: March 2018

Comparing Lab-Work Learning Assisted with Vee Diagram and Lecturing-Demonstration in Improving Students Learning Motivation and Outcomes on Buffer Solution Topic

Ardian Trio Wicaksono (Tadris Kimia-Universitas Islam Negeri Antasari)
Subandi Subandi (Chemistry Education-Universitas Negeri Malang)
Siti Marfu’ah (Chemistry Education-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Abstract: This study aims at confirming and proving the comparison of two learning method, lecturing-demonstration and lab-work assisted with Vee Diagram, in buffer solution topic to students’ learning motivation and learning outcomes. This study is a quasi-experiment with balanced control group design. The subject of this study was XI Graders of IPA 1 and IPA 3. The results of this study indicate that lab-work learning assisted with Vee Diagram could motivate more the students as well as generating students high-order thinking skills than lecturing-demonstration learning method.Key Words: lecturing-demonstration, lab-work assisted with Vee Diagram, motivation, learning outcomes, buffer solution topic Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan keefektifan pembelajaran larutan penyangga menggunakan ceramah demonstrasi dan praktikum berbantuan Diagram Vee terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan balanced control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran larutan penyangga menggunakan praktikum berbantuan Diagram Vee lebih memotivasi siswa dibandingkan dengan pembelajaran ceramah demonstrasi, dan praktikum berbantuan diagram Vee menghasilkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang lebih baik. Kata-kata kunci: ceramah demonstrasi, praktikum berbantuan diagram Vee, motivasi, hasil belajar, topik larutan penyangga

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...