Jurnal Pendidikan Sains
Vol 7, No 3: September 2019

Students’ Critical Thinking in Analyzing Geometry Problem

Mohammad Emsa Arifin (SMA NEGERI TARUNA NALA JAWA TIMUR-65129)
I Nengah Parta (Mathematics Education-Universitas Negeri Malang)
Hery Susanto (Mathematics Education-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Abstract: The aim of this research is to describe students’ critical thinking when analyzing geometry problem at high school students. The indicators of critical thinking used in this research were six indicators adapted from Facione’s research. This research subjects were three tenth graders. The result of this research showed that all three subjects have good critical thinking based on six indicators that have been determined by the researchers. It was shown by all their correct conclusions.Key Words: critical thinking, analyzing geometry problem, self-regulationAbstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa SMA dalam menganalisis soal geometri. Indikator berpikir kritis yang digunakan dalam mendeskripsikan berpikir kritis pada penelitian ini adalah enam indikator yang diadaptasi dari penelitian Facione. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian 3 siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga siswa memiliki berpikir kritis yang baik berdasarkan enam indikator yang telah ditentukan oleh peneliti. Hal ini ditunjukkan dengan kebenaran kesimpulan akhir yang diberikan seluruh subjek.Kata kunci: berpikir kritis, analisis soal geometri, regulasi diri   

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...