Jurnal Pendidikan Sains
Vol 3, No 4: Desember 2015

Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Mengonstruksi Konsep Komposisi Fungsi

Sudirman Sudirman (Pendidikan Matematika–Universitas Negeri Malang)
Subanji Subanji (Pendidikan Matematika–Universitas Negeri Malang)
Akbar Sutawidjaja (Pendidikan Matematika–Universitas Negeri Malang)
Makbul Muksar (Pendidikan Matematika–Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2015

Abstract

Abstract: The aim of this study was to describe the thought processes of students in constructing the concept of function composition. The subjects were students of the 2nd half of the course Basic Mathematics II. There are 9 students who were asked to complete the one-time function composition written and simultaneously saying out loud what they think. Furthermore, six students have been selected as subjects. Selection of subject considers their communication skills. From this research, it is found three types of the description of thought processes of students, namely: construction complete thinking structure type, construction complete pseudo-thinking structure type, and incomplete structure type thinking.Key Words: thinking, constructing the concept, function, composition functionAbstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir mahasiswa dalam mengon-struksi konsep komposisi fungsi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 matakuliah Matemati-ka Dasar II. Sembilan mahasiswa diminta menyelesaikan masalah komposisi fungsi secara tertulis dan sekaligus mengucapkan dengan keras apa yang dipikirkan. Selanjutnya 6 mahasiswa dipilih sebagai subjek. Pemilihan subjek mempertimbangkan kemampuan berkomunikasi mereka. Dari penelitian ini di-temukan 3 tipe deskripsi proses berpikir mahasiswa, yaitu tipe struktur berpikir konstruksi lengkap, tipe struktur berpikir konstruksi lengkap semu, dan tipe struktur berpikir tidak lengkap.Kata kunci: proses berpikir, mengonstruksi konsep, fungsi, komposisi fungsi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...