ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbandingan sikap siswa terhadap matapelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP yang ada di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri yang ada di Jambi. Secara khusus penelitian ini dilakukan di SMP N 04, SMP N 05, SMP N 06, SMP N 16, SMP N 26 yang ada di Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa. Teknik analisis data parametric dengan menggunakan uji one way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan sikap siswa terhadap matapelajaran illmu pengetahuan alam di beberapa indicator sikap yang diteliti. Pada indikator adopsi dari sikap ilmiah memiliki perbandingan dengan nilai sig (0.018 0.05) terdapat perbedaan, indicator kesenangan belajar IPA tidak memiliki perbandingan dengan sig (0,691 0.05) tidak terdapat perbedaan,  indicator ketertarikan  menambah waktu belajar IPA terdapat perbandingan dengan nilai sig (0.202 0.05) tidak terdapat perbedaan.Kata Kunci: Perbandingan Sikap, adopsi dari sikap ilmiah, kesenangan, ketertarikan menambah waktu belajar IPA ABSTRACT This study aims to determine whether there is a comparison of students' attitudes towards natural science subjects in junior high schools in Indonesia. This research was conducted at the Public Middle School in Jambi. Specifically, this research was conducted in SMP N 04, SMP N 05, SMP N 06, SMP N 16, SMP N 26 in Jambi. Research data is obtained by distributing questionnaires to students. Parametric data analysis techniques using one way ANOVA test. The results of the study show that there are comparisons of student attitudes towards the illiteracy of natural knowledge at some indicators of the attitude under study. On the adoption indicator of scientific attitudes there is a comparison with the sig value (0.018 0.05) there are differences, the science learning pleasure indicator does not have a comparison with sig (0.691 0.05) there is no difference, indicators of interest increase science learning time 0.05) there is no difference.Keywords: Attitude Comparison, adoption of scientific attitudes, pleasure, interest in increasing science learning time
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018