Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada materi hukum Newton, yang melalui penerapan model Problem Based Learning dan model Direct Instruction pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunakan desain “the non equivalent, pretest-postest designsâ€. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas X MIA. Pengambilan sampel ditentukan berdasarkan pertimbangan guru yang menghasilkan sampel X MIA 1 (n=22) sebagai kelas eksperimen 1  dan X MIA 4 (n=22) sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, nilai rerata skor pada kelas PBL  untuk tes awal 5.77 dan tes akhir 14.05 sedangkan pada kelas DI untuk tes awal 5.05 dan tes akhir 12.95. Hasil pengujian hipotesis terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dan Direct Instruction.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020