Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 3, No 2: Semester Genap 2014/2015

PENGARUH PEMASARAN HUBUNGAN (RELATIONSHIP MARKETING) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (CUSTOMER LOYALTY) YANG DIMODERASI OLEH JENIS KELAMIN (GENDER) (Studi pada konsumen Excelso Cafe di Kota Malang)

Lia Rachmawati (Unknown)
Dian Ari Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2016

Abstract

Tujuan  ― Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  relationship  marketing dengan  variabel  financial  benefits,  social  benefits dan  structural  ties terhadap  customer loyalty serta efek gender terhadap hubungan antara financial benefits, social benefits, structural ties dan customer loyalty pada konsumen Excelso Cafe di Kota Malang. Metodelogi  Penelitian  ― Metode  analisis  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah Hierarchical Multiple Regression Analysis (HMRA) untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap   customer  loyalty serta   efek   gender terhadap      hubungan   antara relationship marketing dan customer loyalty pada konsumen Excelso Cafe di Kota Malang. Hasil  dan  Pembahasan  ― Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  financial  benefits dan structural  ties berpengaruh  terhadap  customer  loyalty. Sedangkan  social  benefits tidak berpengaruh terhadap customer loyalty pada konsumen Excelso Cafe di Kota Malang. Gender memoderasi hubungan antara structural ties dan customer loyalty pada konsumen Excelso Cafe di Kota Malang dimana konsumen perempuan memiliki tingkat loyalitas yang lebih tinggi.   Kata Kunci: Relationship Marketing, Jenis Kelamin, Loyalitas Pelanggan.

Copyrights © 2014