Artikel ini membincangkan tentang strategi pencapaian standar layanan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Lembaga PKBM ini dikategorikan sebagai satuan pendidikan nonformal yang memberikan layanan pendidikan di luar sekolah seperti pendidikan keaksaraan, pendidikan kesetaraan, pendidikan keterampilan bagi masyarakat. Pencapaian standar layanan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) akan dapat tercapai dengan strategi yang baik. Akreditasi adalah proses penilaian kelayakan program dan satuan/lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal, termasuk PKBM. Hasil akreditasi menunjukkan bahwa strategi pengelolaan pelayanan pendidikan nonformal baru mencapai 67,79% dalam standar peengelolaan pendidikan. Strategi yang baik dapat dilakukan dengan melaksanakan langkah-langkah formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Standar layanan dapat diukur dengan kemampuan suatu lembaga menjadi lembaga yang efektif, dapat bertahan, berkelanjutan, dan kuat.
Copyrights © 2020