PIONIR: Jurnal Pendidikan
Vol 8, No 2 (2019)

MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI KELAS RENDAH

Heri Hidayat (PGMI FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Heny Mulyani (PGMI FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Fitriyani Nurhidayah (PGMI FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Irmayani Irmayani (PGMI FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Nissa Sonia (PGMI FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang sering digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah Contextual Teaching And Learning (CTL). Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan konsep belajar mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan pengetahuan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapanya dalam kehidupan sehari – hari mereka sebagai anggota keluarga, masyarakat dan warga negara. Berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran juga dipengaruhi oleh kemampuan pendidiknya. Penelitian ini memfokuskan pada strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) harus disusun untuk mendorong lima bentuk pembelajaran penting yakni, mengaitkan, mengalami, menerapkan, kerjasama, dan menstransfer. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui cara observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pendekatan pembelajaran Contextual teaching Learning sudah diterapkan oleh pendidik pada kelas II MI Miftahun Athfal Cilengkrang 2 Bandung meskipun dalam pelaksanaanya masih  belum optimal, dari kelima strategi pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) hanya 4 komponen yang cukup baik dalam pelaksanaanya, yaitu mengingat, mengaitkan, mengalami, menerapkan, menstranfer. Kemampuan pendidik dalam menguasai kelaspun masih kurang, hal ini disebabkan oleh kemampuan pendidik yang belum bisa menerapkan salah satu kompetensi profesional seorang guru, tepatnya pada kompetensi sosial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pionir

Publisher

Subject

Other

Description

PIONIR: Journal of Education is an open-access Education scientific journal managed by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) Faculty of Tarbiyah and Teaching Ar-Raniry State Islamic University (UIN) Banda Aceh. PIONIR: Educational Journal is a forum for researchers and ...