EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2020)

EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA MASTER TRIGONOMETRI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Ichda Nur Fitria Fatmi (Unknown)
Wiwin Sri Hidayati (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
02 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dengan media master trigonometri terhadap pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pre-experimental the one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes pretest-posttest. Teknik analisis data hasil tes yaitu menggunakan uji-t. Hasil penelitian pretest-posttest siswa menunjukkan nilai thitung= –2,812 dengan taraf signifikansi 5% dan batas penolakan hipotesis nol adalah ttabel = 2,0452, sehingga |-2,812| > 2,0452 atau |thitung| > ttabel. Oleh karena itu, H0 ditolak atau ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa antara sebelum dan sesudah menerapkan model PBL dengan media master trigonometri. Oleh karena itu, penerapan PBL dengan media master trigonometri efektif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Media Master Trigonometri, Pemecahan Masalah Matematika Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) model with trigonometric masters media on students' mathematical problem solving. The type of research is a quantitative study with a pre-experimental the one group pretest-posttest design. The data collection method is the test method. The research instrument used the pretest-posttest test sheet. The data analysis technique is the t test. The results pretest-posttest of students showed the value of tcount = -2,812 with a significance level of 5% and the rejection limit of the null hypothesis is ttable = 2,0452, so |-2,812| > 2,0452 atau |tcount| > ttable. Therefore H0 is rejected or there is differences in students' mathematical problem solving abilities between before and after applying the PBL model with trigonometric master media. Therefore, the application of PBL with trigonometry master media is effective on students' mathematical problem solving abilities. Keywords: Problem Based Learning Model, Trigonometry Media Master, Mathematical Problem Solving

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...