Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling
Vol 4, No 2 (2019): Juni 2019

PELAKSANAAN PENGAARAN REMEDIAL OLEH GURU BIDANG STUDI PADA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

Putri Balqis (Universitas Syiah Kuala)
Dahliana Abd. (Universitas Syiah Kuala)
M. Husen (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Remedial teaching is an activity carried out to improve learning activities that are less than optimal. Effective remedial teaching will help overcome student learning difficulties. The purpose of this study was to find out how the implementation of remedial teaching carried out by school subject teachers in overcoming student learning difficulties. The research method used is descriptive qualitative approach. The object of this study is the Implementation of Remedial Teaching by Teachers in the Field of Study at Banda Aceh City State High Schools, namely at SMA Negeri 03, SMA Negeri 07 and SMA Negeri 13. The subjects of this study were subject matter teachers, BK teachers, homeroom teachers and vice-principals in the curriculum section. . Data collection uses interview and documentation techniques. Data processing and analysis techniques are carried out by means of quantitative descriptive analysis. The results of the study show that: (1) the step in implementing the diagnosis of learning difficulties by the field of study teacher has not only used the case identification step, determined alternative choices of action, carried out remedial and evaluation activities. There is no step in looking for the causative factors and BK services provided. The teacher claims that he does not have the correct guidelines for the diagnosis of learning difficulties. (2) Remedial teaching steps taken by teachers in the field of study have not been able to help students in dealing with learning difficulties, can only change student grades, but cannot find the cause of student learning difficulties. (3) The cooperation carried out in the implementation of remedial teaching has not been well established, the teacher of the field of study only works alone, but if the students' problems are psychological, then the BK teacher will overcome them.Keywords: Implementation of Remedial Teaching, Subject Teacher.Abstrak: Pengajaran remedial merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang kurang optimal. Pengajaran remedial yang efektif akan membantu mengatasi kesulitan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran remedial yang dilaksanakan oleh guru bidang studi disekolah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah Pelaksanaan Pengajaran Remedial Oleh Guru Bidang Studi Pada SMA Negeri Kota Banda Aceh yaitu pada SMA Negeri 03, SMA Negeri 07 dan SMA Negeri 13. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi, guru BK, wali kelas dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif kalitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) langkah pelaksanaan diagnosis kesulitan belajar yang dilakukan oleh guru bidang studi belum hanya menggunakan langkah identifikasi kasus, menentukan alternatif pilihan tindakan, melaksanakan kegiatan remedial dan evaluasi. Tidak ada langkah mencari faktor penyebab dan layanan BK yang diberikan.  Guru mengaku tidak memiliki pedoman prosedur diagnosis kesulitan belajar yang benar. (2) Langkah pengajaran remedial yang ditempuh oleh guru bidang studi belum dapat membantu siswa dalam menghadapi kesulitan belajar, hanya dapat mengubah nilai siswa, namun tidak dapat menemukan penyebab kesulitan belajar siswa. (3) Kerja sama yang dilakukan dalam pelaksanaan pengajaran remedial belum terjalin dengan baik, guru bidang studi hanya bekerja sendiri namun jika permasalahan siswa berkaitan dengan psikologis barulah guru BK yang mengatasinya. Kata Kunci: Pelaksanaan Pengajaran Remedial, Guru Bidang Studi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan karya-karya mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling terutama hasil dari penelitian yang mereka lakukan. Jurnal berfokus pada semua aspek psikologis yang mempengaruhi pelajar dan semua teknik bantuan psikologis yang dapat diberikan untuk menolong mereka ...