Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 5, No 3: MARET 2020

E-Modul Gerak Refleks Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA

Fitra Purnama Agung (Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta)
Slamet Suyanto (Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta)
Tien Aminatun (Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2020

Abstract

Abstract: The purpose of developing e-modules based on this contextual approach is to determine the quality, feasibility, and effectiveness of the developed e-modules. This research uses ADDIE model divided into five stages, analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of this study are e-modules based on a contextual approach to the reflex movement, the average overall evaluation criteria are very good, namely media experts by 84%, learning experts by 84%, biology teachers by 69%, small class trials by 80% and large.Abstrak: Tujuan dari pengembangan e-modul berbasis pendekatan kontekstual ini adalah untuk mengetahui kualitas, kelayakan, dan keefektifan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE terbagi lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evalution. Hasil penelitian ini berupa e-modul berbasis pendekatan kontekstual pada sub materi gerak refleks, rata-rata penilaian keseluruhan kriteria sangat baik yaitu ahli media sebesar 84%, ahli pembelajaran sebesar 84%, guru biologi sebesar 69%, uji coba kelas kecil sebesar 80%dan uji coba kelas besar sebanyak 74%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, e-modul berbasis pendekatan kontekstual pada sub materi gerak refleks sangat layak digunakan sebagai media/bahan ajar di sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...