Metodik Didaktik
Vol 15, No 1 (2019): Metodik Didaktik Juli 2019

PENGARUH STATUS IBU BEKERJA DAN MOTIVASI PRESTASI ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Mukarromah, Mukarromah (Unknown)
Yetti, Elindra (Unknown)
Nurani, Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh status ibu bekerja dan motivasi prestasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 1 SD. Data penelitian hasil belajar matematika diperoleh dengan analisis varian (ANAVA), dan diuji dengan analisis uji persyaratan melalui uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang memiliki status ibu bekerja dan status ibu tidak bekerja (2) terdapat interaksi status ibu bekerja dengan motivasi prestasi terhadap hasil belajar matematika (3) ada perbedaan hasil belajar matematika yang memiliki motivasi prestasi tinggi dengan status ibu bekerja dan motivasi prestasi rendah dengan status ibu bekerja (4) ada perbedaan hasil belajar matematika yang memiliki motivasi prestasi tinggi dengan status ibu tidak bekerja.

Copyrights © 2019