Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Pop-Up Book yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, dengan pendekatan model 4-D. Tahapan pengembangan terdiri tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi terbatas. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang validator dan 21 orang peserta didikĀ  kelas VIII MTsN 1 Barru, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan tahun ajaran 2018/ 2019. Penentuan kriteria kevalidan menggunakan uji indek Aiken V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria kevalidan komponen penyajian modul, kelayakan isi dan kebahasaan modul telah memenuhi kriteria validitas tinggi dengan indeks V = 1, sehingga secara keseluruhan disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Pop-Up Book telah memenuhi kriteria valid dengan kategori validitas tinggi. Tingkat kepraktisan modul menunjukkan bahwa 57% dari jumlah keseluruhan peserta didik memberikan respon sangat positif terhadap modul dan 67% peserta didik sangat aktif saat menggunakan modul, sehingga modul yang dikembangkan dinyatakan praktis. Tingkat keefektifan modul menunjukkan bahwa 76,19% dari jumlah peserta didik memiliki nilai hasil belajar lebih tinggi dari nilai KKM = 75 setelah menggunakan modul, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul telah memenuhi kriteria efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020