Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penyusunan buku ajar tata bahasa Jerman berdasarkan respon mahasiswa. Data ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam penyusunan buku ajar tata bahasa Jerman. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Partisipan yang dilibatkan adalah 30 mahasiswa pendidikan bahasa Jerman yang telah memprogramkan mata kuliah tata bahasa Jerman dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 aspek yang sebaiknya diperhatikan dalam penyusunan buku ajar tata bahasa diantaranya adalah 1) Komposisi setiap materi harus disesuaikan dengan analisis kebutuhan pembelajar menggunakan analisis kesalahan berbahasa, 2) Penggunaan Analisis Kontrastif untuk Menjelaskan Tata Bahasa Jerman, 3) BentukĀ  Soal Latihan yang Diberikan harus Bervariasi, 4) Menjelaskan Fenomena Tata Bahasa Jerman dengan Menggunakan Pendekatan Linguistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019