PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 4 Nomor 1 April 2020

Eksplorasi Wilayah Mungkajang Kota Palopo Sebagai Sumber Belajaran Geografi

Andi Jumardi Husni (UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO)
Iin Karmila Karmila Putri (UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui didaerah mana saja pada wilayah Mungkajang yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar alam bagi para pelajar yang mendekatkan keilmuan pada ilmu geografi atau ilmu kebumian. Metode penelitian ini menggunakan pendeskripsian setiap lokasi yang dijadikan sebagai sumber belajar alam. Hasil penilitian  ini menunjukkan tiga  lokasi pembelajaran dialam membentang diwilayah Mungkajang, setiap lokasi memiliki deskripsi      lokasi atau deskripsi tentang keadaan fisik pada lokasi tersebut. Deskripsi yang dilakukan ialah keadaan Morfologi, Geologi dan Hidrologi disetiap lokasi. Ketiga lokasi tersebut adalah Kelurahan Murante, Kelurahan Kambo dan Kelurahan Latuppa. Dijadikannya sebagai sumber  belajar alam karena setiap lokasi ini memiliki sifat fisik yang dapat mewakili kawasan wilayah                          mungkajang. Alam sebagai sumber belajar memiliki manfaat yang lebih banyak baik  terhadap pelajar atau siapa yang menjadi pengajar tersebut. Teori yang diterima dapat secara  langsung dibuktikan dilapangan. Dan pelajar tidak hanya lagi dibatasi oleh ruang untuk sebuah pemahaman tentang keadaan bumi yang sebenarnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...