PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 4 Nomor 1 April 2020

Video Pembelajaran untuk Generasi New Milenial

Hana Sih Setya Rahayu (Universitas Negeri Malang)
Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati (Universitas Negeri Malang)
Rully Aprilia Zandra (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Video merupakan bagian kehidupan yang tidak bisa dielakkan lagi pada siswa generasi new milenial. Namun, tidak semua video pembelajaran tari menarik untuk dicermati hingga akhir bagi siswa usia SMP. Untuk menjembatani gap ini, penelitian difokuskan pada pengembangan video pembelajaran tari yang baik untuk mendukung pembelajaran tari pada siswa SMP. Data dikumpulkan dengan cara melakukan observasi dan wawancara pada siswa, meminta masukan teknis pada validator, dan menguji cobakan produk pada siswa. Analisis dilakukan dengan mengkonfirmasi produk awal pada masukan validator, mengkonfirmasi produk kedua dan ketiga pada rekomendasi uji coba sample, dan mengkonfirmasi sekali lagi produk akhir pada validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik dari responden, validator, dan pengguna pada uji coba membutuhkan video yang memiliki point of interest pada introduksi di menit pertama dan penggalan highlight tarian di menit kedua. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran tari yang baik adalah video yang membangun rasa penasaran penontonnya pada 2 menit pertama. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...