PEDAGOGIA
Vol 17, No 3 (2019)

KERANGKA KONSEPTUAL PENGEMBANGAN SALURAN YOUTUBE PEMOTIVASI DARI PENYANDANG DISABILITAS

Hidayat, Muhammad Luthfi (Unknown)
Toyibah, Rizky Kusumalestari (Unknown)
Cahyaningtyas, Rigita Ardhiani (Unknown)
Anzila, Sucika Miftarul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Penyandang disabilitas (kaum difabel) sering dipandang sebagai kelompok masyarakat yang terpinggirkan. Kekurangan kaum difabel dalam hal fisik dianggap sebagai ketidakmampuan mereka untuk mengerjakan pekerjaan layanya orang normal. Stigma tersebut membuat akses kaum difabel terhadap pekerjaan, pendidikan, atau layanan umum kadang terkurangi. Namun demikian, ternyata banyak kisah keberhasilan dari penyandang disabilitas yang justru perlu dipublikasikan kepada masyarakat luas. Lebih daripada itu, kisah keberhasilan dari sisi pendidikan, pekerjaan, olahraga atau wirausaha dapat dikonversi dari cerita sedih menjadi motivasi yang menggugah. Era industry 4.0 dan abad teknologi informasi saat ini menjadi peluang besar penyampaian pesan-pesan motivasi dari daya juang para difabel secara massif. Motivasi tersebut dapat disalurkan secara online, karena lebih berpeluang menjangkau masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk  1) mengembangkan sebuah kerangka konsptual pengembangan saluran Youtube bertema motivasi dengan konten berasal dari para penyandang disabilitas, 2) menemukan struktur konten video yang dapat menampilkan secara efektif sisi-sisi motivasi dari tokoh disabilitas. Penembangan aplikasi menggunakan model DDR (Design Development and Research) oleh RitcheyKlein dengan tahapan sampai uji terbatas terbuka pada aplikasi Android. Data konten diperoleh dari observasi, wawancara pada narasumber difabel berprestasi, serta studi literatur. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...