JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERISTIWA ALAM

Nurliani, Nina (Unknown)
Subarjah, Herman (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2016

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA pada materi peristiwa alam dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampelnya kelas V SDN Karangpawulang sebagai kelas eksperimen dan SDN Cilimbangan sebagai kelas kontrol. dengan menggunakan tes hasil belajar, format observasi kinerja guru, format observasi aktivitas peserta didik, dan  format wawancara peserta didik kelas eksperimen. Uji beda rata-rata menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran secara konvensional memperoleh P-value (Sig.2-tailed) senilai 0,000 dengan taraf signifikasi α=0.05.  Disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik pada materi peristiwa alam. Pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji rata-rata perhitungan n-gain kelas eksperimen yang memperoleh nilai 0,70 dan rata-rata perhitungan n-gain kelas kontol yang memperoleh nilai 0,60. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran konvensional, hasil belajar IPA

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...