Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan 114 siswa sekolah menengah atas di Mojokerto. Tujuan penelitian ini menyelidiki efektifitas pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pemecahan masalah geometri, prestasi siswa, dan motivasi. Teknik cluster random sampling digunakan untuk memilih dua sekolah menengah atas di Mojokerto yaitu SMA Negeri 1 Dawarblandong dan SMA Negeri 2 Mojokerto. Analisis Anava digunakan untuk menganalisis data penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar geometri menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan siswa lain yang bukan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Terdapat perbedaan prestasi belajar geometri antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Selain itu, terdapat perbedaan motivasi antara siswa yang mempelajari geometri menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan bukan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyarankan guru matematika didorong untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu alternatif pembelajaran mengajarkan geometri pada siswa SMA. Harapannya adalah siswa dapat meningkatkan kinerjanya ketika mempelajari geometri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020