JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PENILAIAN PROYEK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA ABAD 21 PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN

Armansyah Lubis (Unknown)
Hanafi . (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran analisis kebutuhan untuk mengembangkan penilaian proyek berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa abad 21. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yaitu mahasiswa yang telah lulus pada matakuliah metodologi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Hasil analisa data menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan perkuliahaan metodologi penelitian masih kategori cukup yaitu 69%. Berdasarkan Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pada mata kuliah metodologi penelitian dibutuhkan penilaian berbasis proyek yang kombinasikan dengan langkah-langkah pendekatan saintifik agar mahasiswa mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...