Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1: April 2020

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD 128 TURUNGAN BERU KECAMATAN HERLANG KABUPATEN BULUKUMBA

Nursyaida Nursyaida (Universitas Pahuwato Gorontalo)
A. Hardiyanti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UniversitasPahuwato Gorontalo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui gambaran penerapan penggunaan media power point  dalam pembelajaran IPS Siswa kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba; (ii) mengetahui gambaran hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba dalam menggunakan media power point; (iii) mengetahui keefektifan penggunaan media power point dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba.Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pre test-post test. Subjek penelitian adalah Siswa kelas V yang berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t).            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) penggunaan media power point terhadap hasil belajar Siswa kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba berkualifikasi “ baik “. (ii) hasil belajar IPS Siswa dengan penggunaan media power point pada kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba  berkategori “tinggi “ dibandingkan dengan hasil belajar yang tidak menggunakan media power point berkategori “rendah” (iii) penggunaan media power point pada pembelajaran IPS Siswa kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabuapten Bulukumba  efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri 128 turungan Beru Kabupaten Bulukumba.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...