Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2020): JPP PAUD Untirta

PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA BILINGUAL CLASS DI TAMAN KANAK-KANAK PIONEER MONTESSORI PADANG

Rismareni Pransiska (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan kosa kata bahasa Inggris anak pada kelas bilingual di Taman Kanak-kanak Pioner Montessori Padang. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun yang tergabung pada kelas Toodler. Untuk mengumpulkan data, digunakan metode observasi dan metode simak bebas libat, yang selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu, mereduksi, mendisplay dan memverifikasi data yang didapatkan untuk memperoleh gambaran yang alamiah mengenai pemerolehan bahasa Inggis pada bilingual class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa Inggris anak berbentuk kata dan kalimat sederhana. Pemerolehan kata yang muncul adalah (1) kata benda; (2) kata kerja; (3) kata sifat; dan (4) article a dan an. Sementara itu, kalimat yang mucul adalah (1) kalimat pernytaaan; (2) kalimat tanya; (3) kalimat perintah. Dari hasil yang diperoleh dapat dsimpulkan bahwa pemerolehan bahsa Inggris pada anak di kelas Bilingual di Taman Kanak-kanak Montessori berjalan dengan baik dengan menghasilkan anak-anak yang mampu berbahasa Inggris di usia yang muda. Kelas Bilingual mampu menstimulasi pemerolehan bahasa anak secara optimal.     

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpppaud

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (JPPPAUD) is a scientific journal published by Early Childhood Teacher Education Departement (PGPAUD), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). This journal publishes the latest articles in the fields of Early Childhood Education. ...