Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan kosa kata bahasa Inggris anak pada kelas bilingual di Taman Kanak-kanak Pioner Montessori Padang. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun yang tergabung pada kelas Toodler. Untuk mengumpulkan data, digunakan metode observasi dan metode simak bebas libat, yang selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu, mereduksi, mendisplay dan memverifikasi data yang didapatkan untuk memperoleh gambaran yang alamiah mengenai pemerolehan bahasa Inggis pada bilingual class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa Inggris anak berbentuk kata dan kalimat sederhana. Pemerolehan kata yang muncul adalah (1) kata benda; (2) kata kerja; (3) kata sifat; dan (4) article a dan an. Sementara itu, kalimat yang mucul adalah (1) kalimat pernytaaan; (2) kalimat tanya; (3) kalimat perintah. Dari hasil yang diperoleh dapat dsimpulkan bahwa pemerolehan bahsa Inggris pada anak di kelas Bilingual di Taman Kanak-kanak Montessori berjalan dengan baik dengan menghasilkan anak-anak yang mampu berbahasa Inggris di usia yang muda. Kelas Bilingual mampu menstimulasi pemerolehan bahasa anak secara optimal.
Copyrights © 2020