Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya
Vol 4, No 1 (2020): JURNAL LITERASI APRIL 2020

PENGARUH TEKNIK DISKUSI SARASEHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 UNGGULAN MAROS KABUPATEN MAROS

Irma Andriani (STKIP Hatta-Sjahrir Banda Naira)
Dian Nugraha (Unknown)
Ernawati Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

ABSTRAKPengaruh teknik diskusi serasehanterhadap keterampilan berbicara siswa kelas ix smp negeri 2 unggulan Maros Kabupaten Maros. Bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterampilan berbicara sebelum menggunakan teknik diskusi sarasehan  siswa kelas IX SMP Negeri 2 Unggulan Maros Kabupaten Maros. (2) Mendeskripsikan keterampilan berbicara sesudah menggunakan teknik diskusi Serasehan  siswa kelas IX  SMP Negeri 2 Unggulan Maros Kabupaten Maros. (3) Mengetahui pengaruh teknik diskusi Serasehan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IX  SMP Negeri 2 Unggulan Maros Kabupaten Maros. Metode penelitian  yaitu pre eksperimen. Variabel peneltian terdiri dari dua jenis, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Desain atau medel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian yang bersifat pre eksperimen jenis one group design dengan menggunakan pre-tes dan post-tes. Instrumen yang digunakan yaitu tes. Instrumen tes yaitu berbicara, siswa ditugaskan berbicara dalam proses diskusi. Keterampilan berbicara sebelum menggunakan teknik diskusi sarasehan Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Unggulan Maros Kabupaten Maros ditemukan tidak terampil karena dari 27 sampel hanya 3 siswa yang mencapai SKM dan mendapat nilai 75 ke atas, dan 24 siswa tidak mencapai SKM dan mendapatkan nilai 75 ke bawah, diklasifikasikan  sangat rendah dengan  nilai rata-rata 48,96. Keterampilan berbicara sesudah menggunakan teknik diskusi sarasehan Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Unggulan Maros Kabupaten Maros ditemukan terampil karena dari 27 sampel  16 siswa mencapai SKM dan mendapat nilai 75 ke atas, dan 11 siswa tidak mencapai SKM dan mendapatkan nilai 75 ke bawah, diklasifikasikan  sedang dengan  nilai rata-rata 73,62. Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan berbicara sebelum dan setelah menggunakan teknik diskusi sarasehan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Unggulan Maros Kabupaten Maros karena hasil perhitungan statistik inferensial jenis uji t  diperoleh t hitung > t tabel dengan nilai 10,636 > 1,705.Kata Kunci: Pengaruh, Teknik diskusi, serasehan, terhadap Keterampilan, Berbicara.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya telah terindek Sinta 5 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RistekDikti) Republik Indonesia sebagai pencapaian untuk jurnal yang memiliki kualitas dalam manajemen dan publikasi. Selanjutnya, Literasi : Jurnal ...