SAP (Susunan Artikel Pendidikan)
Vol 4, No 3 (2020)

Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Tenses) Mahasiswa DKV Unindra

Fitria Iswari (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indraprasta PGRI)
Puri Kurniasih (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2020

Abstract

Dalam keberhasilan proses belajar salah satunya dapat dilihat melalui hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Bahasa Inggris 1 menjadi mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa semester 1 prodi DKV Unindra . Sesuai kurikulum mahasiswa dituntut untuk mampu menguasai tense. Dalam keadaanya dosen menggunakan metode pembelajaran konvensional berupa ceramah, dan hasil belajar siswa sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini berbentuk tindakan kelas dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Pemerolehan data melalui test yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan kelas, dan observasi. Dari data yang di dapat sebesar 52,6% hasil belajar siswa meningkat untuuk kelas 3 eksperimen, dan 47,6% peningkatan hasil belajar yang didapat oleh kelas 4 eksperimen. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SAP

Publisher

Subject

Education

Description

SAP (Susunan Artike Pendidikan) Jurnal ilmiah bidang ilmu pendidikan (ISSN 2549-2845 for electronic version and ISSN 2527-967X for print version) First published in Agustus 2016 is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...