Jurnal Pendidikan
Vol. 21 No. 1 (2020)

PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Ana Zulfia Latifah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Heri Hidayat (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Heny Mulyani (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Ajeng Siti Fatimah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Amallia Sholihat (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2020

Abstract

In learning, we need a method to enhance the creativity of the students, one of them with Mind Mapping method. This study aims to explain the application of mind mapping methods to increase creativity in learning Citizenship Education in Class VI Madrasah Ibtidaiyah (MI). This research was conducted using field observation of 25 students. The Research Data collection is based on the results of students learning activities to create a mind map. The results showed that the Mind Mapping method can enhance students' creativity in studying Pancasila and Citizenship Education. Dalam Pembelajaran, diperlukan sebuah metode untuk meningkatkan kreativitas siswa, salah satunya dengan metode Mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VI MI. Penelitian ini dilakukan dengan observasi ke lapangan yang dilakukan di kelas VI MI Miftahul Falah dengan jumlah 25 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui hasil kegiatan belajar dengan membuat sebuah mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Terbuka. Jurnal ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan analisis konseptual mencakup berbagai dimensi pendidikan, seperti kurikulum, pembelajaran, evaluasi, manajemen, kualitas ...