JURNAL BIOEDUCATION
Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Bioeducation

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

Arif Didik Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Helda Susanti (SMA Muhammadiyah 1 Pontianak)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2020

Abstract

Pada saat proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang aktivitasnya masih belum fokus terhadap kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan model kooperatif picture and picture di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak pada matapelajaran biologi. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research) yang terdiri dari dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian, pada siklus I aktivitas siswa sebesar 43,75%, dan pada siklus II aktivitas siswa sebesar 78,12%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 34,37% dengan kategori aktivitas siswa sangat aktif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi ...