Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Vol 3, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN TES KESIAPAN MOTORIK MASUK SEKOLAH (KEMOMASE)

Budiarti, Wahyu Nuning (Unknown)
Ridlo, Lumaur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

Asumsi kesiapan anak memasuki Sekolah Dasar masih memiliki fokus kepada seputar penguasaan membaca, menulis dan berhitung (calistung). Pentingnya faktor kematangan belajar disebutkan oleh Piaget sehingga anak memiliki motivasi instrinsik dalam belajar. Tes kemomase adalah tes kesiapan masuk sekolah untuk anak usia dini atau masih sekolah di Taman kanak-kanak, tes ini bertujuan membantu guru dalam melihat perkembangan anak dan sebagai alat bantu evaluasi apakah siswa tersebut sudah siap masuk Sekolah Dasar atau belum. Tujuan penelitian adalah mengembangkan tes kesiapan motorik masuk sekolah (Kemomase) yang dapat didesiminasikan untuk anak usia pra sekolah dan menguji validitas dan reliabilitas alat Tes kemomase yang dikembangkan. Model Pengembangan Penelitian pengembangan ini mengacu pada tahapan pengembangan four D- Model yang terdiri atas tahapan pendefinisian (define), tahapan perancangan (design), tahapan pengembangan (develope), dan diseminasi  (disseminate). Model ini juga dikenal dengan istilah four D Model. Model ini dipilih karena tepat untuk menghasilkan sebuah produk penelitian yang tepat guna yaitu Tes Kemomase diuji kelayakannya dengan uji validitas dan reliabilitas untuk menjadikan tes kesiapan belajar yang terstandar.  1. Produk berupa instrumen evaluasi yang disebut Kemomase (Kemampuan Motorik Masuk Sekolah) untuk membantu guru melakukan evaluasi terhadap peserta didiknya, kemudian didesiminasikan ke beberapa sekolah TK. Produk dibuat masih menggunakan kertas dan beberapa alat peraga masih menggunakan milik sekolah, untuk kesiapterapan teknologi, peneliti berusaha mengambangkan Tes Kemomase ini ke dalam aplikasi di android supaya bisa lebih mudah digunakan, sampai dengan penelitian berakhir, desiminasi masih menggunakan soft file untuk memudahkan guru jika ingin menggunakan. hasil penelitian yang diperoleh bahwa produk dapat diaplikasikan dan dapat langsung digunakan oleh guru. Validitas isi menggunakan Aiken, reliabilitas menunjukan tingkat konsistensi internal instrumen tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pancar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to ...