Jurnal Halaqah
Vol 2 No 1 (2020): JURNAL HALAQAH, Publishing January 2020

Analisis Kendala Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Pegadungan 8 Petang

Ina Magdalena (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Noni Novitasari (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Caesa Nabila (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Wulan Hikmah Fratiwi (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan hambatan yang dihadapi serta solusi untuk mengatasi hambatan oleh guru sekolah dasar terhadap Kurikulum 2013 yang dilakukan di SDN Pegadungan 8 Petang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru yang melaksanakan Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi. Langkah-langkah analisis data adalah pencatatan dan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Sebagian besar guru belum memiliki pengetahuan cukup untuk memahami Kurikulum 2013 secara utuh dan belum siap melaksanakannya, (2) Hambatan guru adalah pelatihan yang didapat belum memadai dan guru belum mampu melaksanakan pembelajaran sesuai Kurikulum 2013, (3) Upaya guru dalam mengatasi hambatan adalah mengikuti pelatihan, belajar dan menggali informasi, (4) Teknologi tidak dipergunakan dengan baik, (5) Kurangnya pemahaman terhadap buku Kurikulum 2013 bagi siswa, dan (6) Rendahnya murid dalam memahami materi Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru SDN Pegadungan 8 Petang belum memahami Kurikulum 2013. Guru mengalami kendala dalam memahami Kurikulum 2013 secara teoritis dan praktis. Solusi untuk mengatasi hambatan guru dalam memahami Kurikulum 2013, yaitu mengembangkan kompetensi diri guru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai ...