Peneliti melakukan penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari pengaruh pelatihan, gaya kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMP Negeri 21 Surakarta. SMP Negeri 21 Surakarta memiliki guru seluruhnya berjumlah 40 guru baik yang berstatus pegawai negeri sipil maupun guru tidak tetap yang seluruhnya dijadikan sebagai sampel dengan teknik penelitian sensus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah yaitu menganalisis masing-masing variabel bebas dan secara bersamaan apakah mempengaruh terhadap variabel terikat. Sedangkan untuk teknis analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan model persamaan regresi berganda dengan bantuan program Statistikal Package for Social Sciens versi 24.00 yang memberikan hasil bahwa pelatihan, gaya kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja secara serentak mepengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru di SMP Negeri 21 Surakarta Berdasarkan uji parsial (uji t). diperoleh hasil bahwa pelatihan (X1), gaya kepemimpinan (X2), lingkungan kerja (X3) dan motivasi kerja (X4) mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri 21 Surakarta (Y). Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh bahwa lingkungan kerja merupakan variabel terbesar yang memberikan pengaruh terhadap kepuasan kerja guru, maka disarankan setiap instansi supaya menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dalam pelaksanaan tugas sehingga pegawai akan mendapatkan kepuasan kerja dan akhirnya akan meningkatkan kinerja guru atau pegawai. Kata kunci : Pelatihan, Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020