RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 6, No 2 (2020)

EFEKTIVITAS PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MACRO POWERPOINT BAGI GURU

Sari, Indah Purnama (Universitas Indraprasta PGRI)
Novitasari, Anindita Trinura (STKIP PGRI Bangkalan)
Miftah, Zaeni (STIKOM Cipta Karya Informatika)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Di era yang serba digital ini siswa cenderung lebih menyukai pembelajaran yang berinteraksi dengan komputer, sehingga guru perlu dibekali kemampuan membuat media pembelajaran interaktif dengan Macro Powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan yang telah dilaksanakan oleh guru-guru di SDN Demangan 2 Bangkalan, dengan melakukan analisis pengaruh faktor instruktur dan materi pelatihan. Penelitian ini melibatkan semua guru di SDN Demangan 2 Bangkalan yang menjadi peserta pelatihan. Data primer diolah kemudian dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa dua variable independen (instruktur dan materi) yang diduga mempengaruhi efektivitas pelatihan ternyata secara simultan berpengaruh signifikan walaupun hanya factor instruktur yang berpengaruh signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa  pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi dari seorang instruktur lebih urgen dibandingkan materi pelatihan itu sendiri. Sebuah materi pelatihan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi harus disertai dengan instruktur yang memiliki kompetensi untuk membuat materi yang berat menjadi lebih sederhana.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...