Pembelajaran IPS di dunia pendidikan perlu mendapatkan perhatian khusus, pada umumnya pembelajaran IPS dilakukan melalui buku dan penyampaian guru. Sehingga motivasi belajar siswa masih kurang. Siswa sekarang adalah generasi Z yang memiliki intensitas yang sangat tinggi terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Banyak siswa yang memiliki telepon genggam berbasis android yang dapat membantu proses belajar mandiri siswa dirumah. Pengembangan dan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPS yang menggunakan aplikasi scan barcode yang dapat dijalankan pada perangkat berbasis android. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik, berdasarkan hasil penilaian para ahli media pembelajaran yang mencakup beberapa aspek diantaranya tampilan, operasional, interaksi dengan rata-rata 3,68 skala likert. Sehingga dapat digunakan oleh siswa untuk mendukung pembelajaran mandiri di rumah. Sedangkan respon siswa terhadap media pembelajaran ini sangat baik untuk mendukung pembelajaran di rumah yang tunjukkan dengan skor rata-rata 3,64 pada skala likert.
Copyrights © 2020